Pages

"olahraga" di pagi hari

Jum'at, 1 April 2011

Ini cerita sekitar seminggu lalu. Saya dapet info dari supervisor tentang short course di Budapest, Hungary. Topiknya berkaitan dengan riset saya di sini. Awalnya agak ragu, ikut atau gak... soalnya semester ini saya ambil mata kuliah yang cukup sulit (Signal Processing - SP), dan rasanya berat untuk absen 2 kali pertemuan untuk ambil short course tersebut.

Hampir semua temen se-lab ikutan.. Wah, apa saya ikut juga ya..? Kan kalau rame-rame seru tuh kayanya.. :p Akhirnya saya ngomong ke dosen mata kuliah SP soal rencana absen selama seminggu di bulan April, dan kemungkinan untuk catch up materi yang akan diberikan saat absen nanti. Ternyata, beliau tidak keberatan menyediakan waktu beberapa jam di luar jadwal kuliah kalau ada beberapa hal yang mau ditanyakan. Jadi, intinya saya bisa baca-baca untuk ngejar materi yang diajarkan di kelas, terus kalau ada yang gak ngerti, bisa langsung ditanyakan ke sang dosen. Fyuh, untung deh.. Makasih Pak! :D

Mantap sudah keputusan saya buat ikutan short course tersebut. Tinggal siapin dokumen-dokumen yang diperlukan untuk bikin Schengen visa, terus berencana pergi ke kedutaan Hungary hari Jum'at (saat itu hari Selasa). Tak disangka-sangka, temen se-lab ngasih info kalau pembuatan Schengen visa via Hungary makan waktu 15 hari. Wah, kalau begitu saya harus bikin sebelum Jum'at (25 Maret) karena short course dimulai tanggal 11 April. Eh eh.. ternyata kedutaan Hungary hanya buka hari Senin, Rabu, dan Jumat pukul 9-12 saja.. Cape deeehh.. Ya.. mau gak mau harus ke sana hari Rabu, alias besok! Saya langsung ribet ngurusin dokumen-dokumen yang diperlukan... Dalam waktu sekitar 1 jam, akhirnya semua dokumen siap. That's definitely the quickest preparation for visa I've ever done!!

OK, semua dokumen siap, besok tinggal berangkat! O o, besok ada ujian SP (mid-term exam) jam 10-11... terus ada demonstration dari jam 11-13. Mau gak mau harus ke sana sebelum ujian.. jam 8.30 harus berangkat dari rumah.

Rabu, 23 Maret. Jam 8.30 teng saya langsung meluncur (naik sepeda) ke Kedutaan Hungary (lokasi). Tempatnya gak terlalu jauh dari rumah dan kampus.. 23 menit saja udah sampe.. (saya inget ngecek jam waktu itu.. haha) Sesampainya di sana, kantornya belum buka.. akhirnya nunggu di luar pagar sambil baca-baca materi ujian. Jam 9 kantor dibuka, dan saya orang pertama yang dateng, jadi gak perlu antri, langsung dilayani.. Prosesnya cepet, cuma 10 menit.. Selanjutnya tinggal nunggu 10-15 hari sampai visanya keluar (atau gak :p).

Selesai ngurus visa, tanpa basa-basi saya langsung cabut, nyamber sepeda.. buru-buru balik ke kampus, sebelum ujian dimulai saya mesti udah di kampus! Karena terburu-buru, di tengah jalan saya gak ngeh klo lampu lalu-lintas dari hijau udah berubah jadi merah, di-klakson-lah saya sama orang... "Sorry!" sambil angkat satu tangan ke tuh orang, tapi teteeepp... jalan terus.. :p

Jam 9.30 sampailah saya di kampus.. sedikit ngos-ngosan.. :p tapi mesti fokus nih, setengah jam lagi ujian.. mesti menenangkan diri... Jam 10 teng ujian dimulai.. waktu ujian cuma 45 menit, 3 soal yang masing-masing memiliki sub-soal.. :p jadi intinya jawabannya bakal banyak! Bener-bener gak ada waktu buat mikir lama-lama.. tangan harus tetep bergerak (menulis), gak hanya bergerak tapi harus cepat! :p Udah berusaha secepat-cepatnya, tetep aja gak ada waktu buat ngejawab semuanya.. satu sub-soal terakhir gak sempet kejawab, waktu udah abis.. ya.. gak apa-apa deh... :D

Selesai ujian, alias jam 11, saya harus buru-buru (lagi) ke fakultas teknik (alias School of Engineering) yang jaraknya kira-kira 500 m dari School of Computer Science and Informatics. Dengan mengandalkan sepeda kesayangan (I love my bike!) langsung meluncur ke TKP, alias ke programming class, buat demonstration (demonstration di sini maksudnya seperti asisten dosen di Indonesia, kerjaannya bantuin mahasiswa saat praktikum atau tutorial). Dua jam lamanya saya ngider dari 1 mahasiswa ke mahasiswa lain buat ngebantuin mereka programming. Jam 1 teng akhirnya selesai juga. Duh, capeknya bukan main, euy! Lumayan buat membakar kalori... hahaha... (walaupun sebenarnya pengen menambah kalori.. :p)

0 comments: