Pages

Persiapan Mengurus Visa Irlandia

Sudah hampir 4 tahun saya tinggal di Irlandia, tapi baru sekarang saya menulis tahap-tahap yang dulu saya lakukan sewaktu mengurus visa Irlandia. Semua karena akhir-akhir ini ada beberapa teman yang akan melanjutkan studi di sini dan menanyakan hal-hal yang perlu disiapkan untuk apply visa Irlandia. *Asyik, Irlandia jadi tambah rame! :D

Di Indonesia tidak ada Kedutaan Irlandia, yang ada hanyalah honorary consul, yang akan mengirim semua keperluan administratif terkait Irlandia ke kedutaannya di Singapura, termasuk pengurusan visa. Berikut ini alamat honorary consul Irlandia di Indonesia:

Ireland Honorary Consul Indonesia
Jakarta Stock Exchange Building, Tower I, 12th Floor
Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53, Jakarta 12190
Ph. (+62-21) 515 1977

Jadi untuk mengurus visa Irlandia, kamu cukup datang ke honorary consul tersebut di atas (atau komunikasi via pos untuk yang berdomisili di luar Jakarta). Namun, kamu harus mempersiapkan semua dokumen yang diperlukan terlebih dahulu. Berikut ini adalah daftar dokumen-dokumen yang dibutuhkan saat saya mengurus visa untuk keperluan studi. Untuk keperluan lainnya kemungkinan ada sedikit perbedaan terkait jenis dokumen yang harus dipersiapkan.
  1. Application summary. Dokumen ini didapatkan dengan mengisi aplikasi pendaftaran visa secara online di https://www.visas.inis.gov.ie/avats/OnlineHome.aspx.
  2. Jika studi kamu dibiayai dengan beasiswa, siapkan surat resmi dari pihak universitas atau supervisor yang menyatakan besarnya beasiswa dan durasi studi yang dicakup oleh beasiswa tersebut, lengkap dengan tanda tangan dan cap asli (original).
  3. Passport asli dan fotokopinya.
  4. Fotokopi kartu keluarga.
  5. Rekening koran bank yang mencantumkan transaksi selama 3 bulan terakhir. Jangan lupa untuk memasukkan uang ke tabungan kamu supaya saldonya dirasa cukup untuk membiayai hidup di Irlandia selama sebulan. Mengapa sebulan? Karena biasanya beasiswa studi di Irlandia cair setiap akhir bulan (tergantung sumber beasiswanya sih). Intinya pastikan bahwa tabungan kamu cukup untuk membiayai hidup di sana sampai waktu beasiswa diberikan. Biasanya jika uang tabungan kamu isinya sekitar Rp. 20 - 25 juta, itu sudah cukup untuk biaya hidup sebulan. Sebenarnya sih biaya hidup di sini pasnya sekitar €800 - €1000 (could be more, depends on lifestyle), tapi pihak kedutaan prefer uang tabungan kamu melebihi biaya hidup tersebut supaya lebih meyakinkan kalau kamu bisa survive di sana.
  6. Bank reference (dalam bahasa Inggris). Dulu saya minta ke BNI dan menghabiskan biaya Rp. 150.000,- (tahun 2009). 
  7. Pas foto ukuran 3,5cm x 4,5cm, latar belakang cerah (sebaiknya warna putih).
  8. Tiket pesawat. Dulu saya naik Etihad dengan harga tiket sekitar USD500 (one way). Maskapai penerbangan lain yang melayani penerbangan ke Dublin dan menurut saya cukup nyaman dengan harga yang tidak mencekek leher adalah Emirates dan Turkish Airlines.
  9. Dulu saya minta tolong kenalan di Dublin untuk dicarikan tempat tinggal sementara. Saya cari-cari akomodasi (shared house or apartment) di sini: www.daft.ie. Website ini merupakan website utama untuk hunting akomodasi di Irlandia (bukan untuk cari hotel atau hostel loh..). Nah, kalau bisa deal dengan landlord/landlady rumah/apartemennya, isi email yang menyatakan bahwa kamu akan tinggal di akomodasi itu bisa dipersiapkan juga. Namun kalau gak bisa, gak apa-apa (seingat saya poin ini gak wajib).
  10. Bukti transfer fee ke honorary consul sebesar Rp. 500.000,-. Sebenarnya pembuatan visa Irlandia bagi warga Indonesia itu gratis, biaya ini adalah biaya komunikasi antara pihak honorary consul dengan Kedutaan Irlandia di Singapura.
Dokumen-dokumen yang harus dipersiapkan memang lumayan banyak dan ribet. Tapi kalau semuanya lengkap, prosesnya cukup straightforward. Setelah semua dokumen masuk, kamu cukup menunggu selama kurang lebih 1-1,5 bulan. Saat visa keluar, kamu akan ditelepon untuk mengambil visa (jangan lupa bawa passport), atau dikirim lewat pos jika kamu tinggal di luar Jakarta. Biasanya kalau ada surat resmi seperti yang saya cantumkan di poin no. 2 di atas, prosesnya lancar karena semua jelas kalau kamu akan melanjutkan studi dengan durasi dan sumber dana yang sudah jelas.

Selamat mengurus visa! Semoga semuanya lancar, and who knows I might see you in Dublin. :)

Oiya, jika mau baca tentang tips atau sekedar cerita saya selama tinggal di Dublin, silahkan mampir ke blog saya di http://zahraeyes.blogspot.com (ini blog utama saya). Happy reading! :)


26 comments:

rozi said...

Ame, kalau mau tahu dokumen yang diperlukan apa aja, itu ada di mana ya? Telepon nomor honorary councilnya itu? Terus ga perlu akte lahir segala ya? soalnya di link yang aku kasih di email itu ada akte lahir segala.

Terus, terus, fotokopi KK itu pakai diterjemahkan ke inggris atau ga?

~banyak nanya nih...

Amalia Zahra said...

Kalau gak salah setelah daftar online (link di poin no.1) ntar dikasih tau daftar dokumen yang harus dipersiapkan. Dulu sih gw gak pake akte lahir segala (soalnya inget banget dulu gak pernah ngurusin translate akte). Sama kya KK, seinget gw dulu gak pernah translate KK juga. Maklum Ji, gw lupa2 inget, udah lama soalnya. Kalau mau lebih yakin bisa datang langsung ke kantornya or telepon (iya, itu no. telp honorary council-nya).

rozi said...

Sip...
Thanks ya, Ame...

Ini mau baca-baca secara mendetil dulu itu situs.

Amalia Zahra said...

Sip, no problem..

Amalia Zahra said...

halo Kartika :)
Kyanya mirip syarat2nya.. cuma yg no. 2 gak perlu. Yg no. 5 harus dipastikan saldonya cukup untuk membiayai wisata di sini. Terakhir, untuk yang no.9 sepertinya bisa pake booking-an hotel (biasanya saya pke booking-an hotel pas apply visa untuk liburan, bukan di Irlandia tp negara lain).

Saya selalu booking hotel di website ini: www.booking.com. Banyak nyediain free cancellation di website itu. Jadi, Kartika bisa booking hotel lewat web itu untuk dokumen keperluan appy visa. Ntar klo visanya sudah keluar dan mau ganti hotel lain, bisa.

Detilnya lebih baik ditanyakan langsung ke honorary konsul di Jakarta, biar lebih pasti. Semoga membantu. :)

Unknown said...

mbak, saya butuh informasi, mungkin mb Amalia bisa bantu saya. kalau posisi saya sekarang sedang studi di UK dan perlu ke Limerick (midwest Ireland), apakah tau prosedurnya bagaimana, umumnya butuh waktu berapa lama, dll? karena buka websitenya kok rada bingung. makasih banyak ya mb :)

Chairunnisa Noviarini said...

Hai. Kalo rute dari Indonesia-Irlandia gimana yaa? Transit apa gimananya itu..

Unknown said...

asslammualaikum mb amalia,

mau tanya kalau utk pasangan apakah bisa langsung dpt dependent visa?dan apakah pasangan saya itu bisa bekerja disananya? kebeneran saya sdh berkeluarga. trimakasih byk sebelumnya. wass.wr.rb

Amalia Zahra said...

@Chairunnisa Noviarini: Bisa naik Etihad (transit di Abu Dhabi), or Emirates (transit di Dubai), or Turkish Airline (transit di Istanbul), or maskapai lain juga banyak yang punya rute ke Dublin :)

@Lina Oktiana: Waalaikum salam mba Lina. Wah, saya kurang tau mba, maklum masih single hehe.. Mba baca reply saya di comment mba yg satu lagi di blog saya yg English deh.

aldyfadly said...

Halo Amalia, thanks info di bologna ban yak membantu. Mau nanya juga, saya rencana ke Irlandia bulan Mei 2014 utk seminar, trus penginnya jalan2 ke belanda n sekitarnya. Masalahnya tiket saya Dublin- Jakarta PP ( ga bisa dirubah), Jadi rencananya JKT-Dublin-Schengen (Belanda dan sekitarnya)- Dublin- Jakarta. Na, apa bisa pake visa single entry aja kalo saya nggak keluar dari airport pas perjalanan pulang?
Makasih banyak ya .....

Yulisa Rebecca said...

Halo Mba,

Mau nanya, kalau dari Scotland mau ke Dublin, apakah butuh visa?
Kalo iya, dimana dan bagaimana mengurusnya?
Selain itu, ke Dublin bisa naik apa aja? apakah hanya bisa naik pesawat?
Terima kasih.

viane springville said...
This comment has been removed by the author.
BAHAN SBK said...

assalamuaalaikum ..

siang mba saya mau tanya barangkali mba bisa bantu . hehehe ]

saya ada tawaran kerja di ireland tapi sebelumnya saya blm pernah ke luar negeri. yang saya mau tanya.
orangnya pengen saya kerja disana selama 6bulan sampai 1 tahun.

1 : jenis visa apa yang saya butuhin?
2 : apa perlu surat ijin kerja? kata mereka saya ga perlu ijin kerja cz mereka mengeluarkan surat yang menerangkan bahwa saya kerja pada perusahaan mereka selama 6 bulan sampai 1 tahun.
3 : masalah rekening koran atau dari bank apa di butuhkan ? mengingat saya pergi kesana untuk bekerja ?
4 : persyaratannya apa saja yang harus saya siapkan ?
5 : itu akte kelahiran dan KK di terjemahkannya kemana mba ?

sementara segitu aja dulu kali ya. hehehehe
maaf saya paling banyak nanya. karena saya ga tau apa2 hehehehe . maaf banget . saya ucapkan terimakasih sebelumnhya.

Unknown said...

Halo mbak amel..
Saya berencana studi di Uni Limerick 1 semester di bulan September 2015. Boleh minta kontak pribadi spy lbh mudah utk nanya2? Email saya di ina.ratriyana@yahoo.com

Amalia Zahra said...

Halo Ina.. Saya sudah email Ina ya.. Silahkan dicek :)

Siti Mazdafiah said...

mbak amalia minta alamat email boleh? mau tanya2 urus visa irlandia tapi utk urusan menghadiri conference. alamat saya siti.mazdafiah@gmail.com

Amalia Zahra said...

Halo Siti, sudah saya email ya :)

Dede Keroppi said...
This comment has been removed by the author.
Dede Keroppi said...

mbak amalia minta alamat email boleh? mau tanya2 urus visa irlandia..dedekeroppi@ymail.com mksh ya mb..

Dede Keroppi said...

mbak amalia minta alamat email boleh? mau tanya2 urus visa irlandia..dedekeroppi@ymail.com mksh ya mb..

Amalia Zahra said...

Mba dede, sudah saya email ya. Silahkan dicek :)

Adela Meilisia said...

hai mbak.... saya mau nanya2 banyak soal visa irlandia nih mbak... kira-kira mbak bisa meng email sayak gak yah? hehehe email saya ini mbak: mellyssatama@ymail.com
minta tolong di email yah mbak hehehe makasih mbak

Amalia Zahra said...

Halo Adela, sudah saya email ya :)

Unknown said...

Halo mbak..saya mau nanya apa ada kenalan yang pernah bekerja sebagai au pair ke irlandia?saya mau nanya ttg persyaratan visa aupair apa aja ya?termasuk ke dalam kategori visa apa ya visa untuk au pair itu?

Unknown said...

Mbk minta almt email na kirim ke yunisan71@gmail.com

Fina said...

Hallo mbak amalia,
Boleh minta emailnya tidak? Saya akan studi disana tahun ini, mau nanya2 soal akomodasi yg terjangkau dan untuk wanita. Boleh email ke saya finashabrina08@gmail.com terimakasih