Pages

Fakta Menarik tentang 7 Kandidat Presiden Irlandia 2011-2018

Kamis, 27 Oktober 2011

Hari ini, tepatnya 27 Oktober 2011, seluruh warga Irlandia melaksanakan pemilu presiden untuk masa pemerintahan 2011-2018 (7 tahun). Sudah waktunya Mary McAlees, presiden Irlandia saat ini, lengser dari jabatannya karena beliau sudah menjabat sebagai presiden selama 2 terms berturut-turut, alias 14 tahun. Di Irlandia, presiden "hanya" berperan sebagai kepala negara, sedangkan yang menjalankan pemerintahan adalah perdana menteri. Namun, pemilu presiden tetap tidak kalah pentingnya karena dari seorang presidenlah umumnya ide-ide datang untuk kemudian direalisasikan oleh perdana menteri.

Pemilu presiden tahun ini menampilkan 7 kandidat. Berikut ini sekelumit cerita menarik tentang mereka.
  1. Martin McGuinness
    Beliau meng-klaim bahwa dirinya telah mempertaruhkan hidup demi kedamaian di Irlandia Utara. Ternyata, bapak 51 tahun ini dulunya adalah pemimpin IRA (Irish Republican Army), sebuah organisasi pemberontak di Irlandia Utara, yang beraksi sekitar tahun 1922-1969. Riwayat inilah yang menjadi kontroversi di kalangan warga Irlandia, apakah mantan pemimpin organisasi pemberontak pantas menjadi presiden.
     
  2. David Noris (independent)
    Kandidat yang satu ini juga tidak kalah kontroversial. David adalah seorang gay, yang gencar mencari dukungan melalui organisasi khusus atau website resmi demi tujuan kampanye. Berita paling ramai mengenainya adalah saat beliau naik banding untuk memohon grasi (pengampunan) atas mantan partner-nya yang terkena tuduhan pemerkosaan terhadap seorang anak di Israel. Warga meminta agar surat naik banding yang dia tulis tersebut dibeberkan. Namun, David mengelak dengan alasan hukum, hal tersebut tidak mungkin dilakukan.
     
  3. Gay Mitchell
    Kandidat yang satu ini sudah lama malang-melintang di dunia politik, yakni sejak tahun 1981. Kabar mengenainya yang paling diingat dan menimbulkan kontroversi adalah saat beliau mengajukan grasi (pengampunan) untuk Paul Jennings Hill. Paul adalah seorang anggota Army of God (sebuah organisasi kristiani teroris anti-aborsi yang sering mengebom klinik-klinik aborsi di Amerika Serikat) yang membunuh seorang dokter praktek aborsi.
     
  4. Michael D. Higgins
    Dalam sebuah debat di salah satu stasiun televisi di Irlandia, beliau menyatakan bahwa dirinya memiliki stamina untuk menjalankan peran sebagai presiden. *Saya agak heran baca pernyataannya, kok gak berbobot ya.. :P Saya pikir orangnya masih muda, ternyata sudah 60 tahun. Tidak ada yang menarik tentang kandidat yang satu ini selain beliau adalah seorang politikus yang sudah berpengalaman lama di bidang politik.
     
  5. Dana Rosemary Scallon (independent)
    Kandidat berdarah Irish-Amerika ini adalah seorang penyanyi dan penulis lagu. Beliau mulai terkenal saat memenangi kontes Eurovision Song Contest tahun 1970 dengan lagunya yang berjudul "All Kinds of Everything". Mulai terjun di dunia politik tahun 1997, Dana berperan penting dalam menjalankan pemilu presiden di tahun yang sama, di mana Mary McAlees terpilih menjadi presiden.
     
  6. Mary Davis (independent)
    Mary mempunyai kepedulian tinggi kepada para penderita cacat intelektual. Beliau terlibat dalam penyelenggaraan Special Olympics selama 30 tahun. Saat ini, beliau menjabat sebagai Managing Director of Special Olympics Europe/Eurasia (SOEE) dan Chairperson of Special Olympics Ireland. Berdasarkan riwayat karier beliau, tidak diragukan lagi bahwa Mary adalah seorang aktivis yang menjunjung tinggi persamaan, sportivitas, respect, dan community development.
     
  7. Sean Gallagher (independent)
    Selain seorang politikus, Sean juga seorang pengusaha sukses. Beliau adalah pendiri perusahaan Smarthomes dan pernah menjadi salah satu panel di acara televisi terkenal mengenai pencarian pengusaha baru, Dragons' Den versi Irlandia. Dalam sebuah debat terbuka, beliau ingin segera mengatasi isu-isu terkini, seperti pengangguran, emigrasi, dan kurangnya rasa percaya diri Irlandia sebagai sebuah negara.
     
Saya bukan warga Irlandia, jadi di sini hanya berperan sebagai pengamat. Siapapun presiden yang terpilih nantinya semoga bisa membawa Irlandia keluar dari krisis yang saat ini masih berlangsung. Happy voting! :)


update: Michael D. Higgins resmi terpilih menjadi presiden ke-9 Irlandia untuk masa jabatan 2011-2018.


0 comments: